Rabu, 30 Januari 2013

Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda

Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda
Mata memegang peranan penting dalam hidup manusia, menurut hasil survei 83 persen informasi yang didapatkan seseorang setiap harinya berasal dari mata. Bicara tentang Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda, maka seiring usia atau perilaku yang buruk terhadap mata kadang membuat kemampuan melihat jadi menurun. Untuk membantu penglihatan, maka kita harus menggunakan kacamata.

Banyak kalangan yang membicarakan tentang Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda, agar kita tidak ketergantungan dengan yang namanya kacamata. Bagaimana dan kapankah seseorang akan tahu bahwa ia membutuhkan kacamata untuk melihat sekitarnya ? Jawabannya adalah, jika anda mengalami gangguan penglihatan seperti yang disebutkan di bawah ini :

1. Susah melihat benda baik dengan satu mata atau kedua mata.

2. Harus menyipitkan mata untuk melihat benda-benda pada jarak wajar yang seharusnya dapat dilihat dengan mata normal.

3. Sering mengeluh pandangan kabur atau berbayang ketika melihat dalam objek dalam jarak dekat atau jauh.

4. Sering mengeluh sakit kepala, kemerahan pada mata atau kelelahan pada mata terutama setelah membaca.

5. Membutuhkan jarak pandang dekat dengan objek agar terlihat lebih jelas.

6. Jalan sering kesandung, jatuh dan suka menabrak karena tidak bisa fokus lihat objek.

Jika anda merasakan gejala atau tanda-tanda tersebut di atas, sebaiknya konsultasi ke dokter agar bisa diberikan resep kacamata yang sesuai dengan kondisi mata. Karena jika ukuran minus, plus atau silindrisnya tidak tepat, maka seseorang tidak bisa melihat dengan jelas objek yang dilihatnya. Setelah diperiksa ke dokter biasanya akan terdeteksi apakah mata anda rabun jauh, rabun dekat atau silinder.

Sebagaimana yang dijelaskan di atas tentang Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda dan apakah mata anda termasuk kategori di bawah ini :

1. Rabun jauh (Myopia)

Kondisi ini terjadi jika seseorang tidak bisa melihat benda dalam jarak tertentu atau jauh, sehingga ia harus mendekatkan ke objek agar terlihat jelas. Orang dengan rabun jauh akan dibantu dengan kacamata minus.

2. Rabun dekat (Presbiopia)

Gangguan mata yang membuat seseorang tidak bisa melihat objek atau membaca dalam jarak dekat, karenanya ia akan menjauhkan objek agar terlihat jelas. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang tua dan dimulai ketika usia 40an tahun. Orang dengan rabun dekat akan dibantu dengan kacamata plus.

3. Silinder (Astigmatisma)

Kondisi ini terjadi ketika lensa mata atau korea tidak simetris (berbentuk lonjong) sehingga sinar yang masuk ke mata tidak bertemu di satu titik retina. Hal ini biasanya dibantu dengan menggunakan kacamata lensa silinder.

Demikian informasi dari Hanya Sekedar Informasi tentang Pentingnya Kesehatan Mata Bagi Anda untuk anda ketahui bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar