Selasa, 29 Januari 2013

Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung Anda
Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung Anda - Serangan jantung adalah penyakit yang mematikan nomor satu di dunia, dengan jumlah penderita yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang salah. Mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah koroner jantung.

Lantas, makanan apakah yang baik untuk kesehatan jantung anda ? Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung Anda, diantaranya sebagai berikut :

1. Ikan Laut

Jenis ikan yang berada di laut dalam seperti salmon dan tuna, kaya akan asam lemak omega, terutama omega-3, omega-6, dan omega-9. Menurut penelitian di sebuah Universitas di Eropa, mengkonsumsi ikan tersebut selama dua minggu, menunjukkan penurunan risiko penyempitan pembuluh darah koroner sebanyak 20%. Sajikan ikan tersebut dengan cara dipanggang atau dibakar dengan minyak zaitun.

2. Apel

 
Para peneleti dari Universitas ternama di Amerika, menemukan bahwa mengkonsumsi satu buah apel tiap harinya, mampu menurunkan peningkatan kolesterol jahat, yaitu LDL sebesar 8%. Apel mengandung serat larut, yaitu pektin yang membersihkan dinding arteri dari penumpukan plak-plak kolesterol yang membahayakan jantung.

3. Anggur


Resveratrol yang terutama terdapat pada kulit anggur merah diteliti memliki efek cardioprotective yang menghambat terbentuknya bekuan-bekuan darah pada pembuluh darah koroner, selain itu anggur juga menghambat peroksidasi kolesterol jahat.

4. Buah Berry (Strawberry, Blueberry dan Raspberry)

 
Buah beri mengandung komponen yang mirip dengan resveratrol dalam anggur dan mengandung antioksidan jenis pterostilbene, yang merangsang sel-sel liver untuk bekerja mencerna lemak dan kolesterol. Berkurangnya konsentrasi kolesterol jahat dalam darah mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Buah berry dapat disajikan sebagai jus atau pelengkap salad.

5. Almond

Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dan phytosterols. Asam lemak tidak jenuh mampu meningkatkan pengeluaran kolesterol jahat dan meningkatkan konsentrasi kolesterol baik dalam darah. Almond dapat disajikan menjadi pelengkap dari masakan anda.

Selain mengkonsumsi makanan sehat di atas, anda juga diharuskan secara rutin melakukan jogging, renang, bersepeda, bulutangkis, dan olahraga lainnya, yang bertujuan untuk menjaga otot jantung agar tetap sehat.

Demikian informasi dari Hanya Sekedar Informasi tentang Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung Anda, jaga kesehatan jantung anda sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar