Kamis, 28 Maret 2013

Tentang Alergi Dan Penyebabnya

Tentang Alergi Dan Penyebabnya
Tentang Alergi Dan Penyebabnya - Alergi merupakan suatu reaksi abnormal dalam tubuh yang disebabkan zat yang tidak berbahaya. Alergi timbul bila ada kontak terhadap zat tertentu yang biasanya pada orang normal tidak menimbulkan reaksi, dan zat penyebab alergi ini disebut allergen. Allergen bisa berasal dari berbagai jenis dan masuk ke tubuh dengan berbagai cara. Bisa melalui saluran pernapasan, makanan, suntikan atau bisa juga timbul akibat adanya kontak dengan kulit, seperti kosmetik, logam perhiasan atau jam tangan.

Tentang Alergi Dan Penyebabnya, zat yang paling sering menyebabkan alergi adalah serbuk tanaman, jenis rumput tertentu, jenis pohon yang berkulit halus dan tipis, serbuk spora, penisilin, makanan laut (seafood), telur, dan kacang-kacangan, susu, jagung dan tepung jagung, sengatan insekta, bulu binatang, kecoa, debu dan kutu. Selain itu masih ada zat adiktif pada makanan, penyedap, pewarna dan pengawet. Dengan demikian, maka anda harus menghindari beberapa makanan atau minuman penyebab alergi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi alergi yang dapat anda lakukan, diantaranya sebagai berikut :

1. Menjaga kelembaban ruangan dengan mengatur sirkulasi angin dan udara.

2. Menjaga kebersihan pakaian dan mengganti sprei sedikitnya seminggu sekali.

3. Membersihkan pekarangan dan memastikan tidak ada tumpukan sampah dan genangan air yang akan menjadi tempat timbulnya jamur.

4. Konsultasi dengan dokter dan melakukan tes alergi untuk mengetahui allergen yang harus dihindari.

Gejala yang mungkin terjadi akibat alergi adalah terjadinya rasa gatal pada tenggorokan, mulut, mata, kulit atau bagian tubuh lainnya. Bisa juga disertai dengan sakit kepala, hidung tersumbat atau hidung meler, sesak napas, asma, kesulitan menelan, mendadak pilek dan bersin-bersin.

Pengobatan alergi tergantung pada jenis dan berat gejala yang ada, dengan tujuan untuk mengurangi gejala dan menghindari serangan yang lebih berat di kemudian hari, namun gejala alergi yang ringan tidak memerlukan pengobatan khusus, sebab gejala akan menghilang beberapa saat kemudian.

Pemberian Antihistamin dapat membantu meringankan berbagai gejala, penanganan alergi yang paling tepat bukanlah dengan obat melainkan dengan cara menghindari allergen. Secara teoritis, alergi memang tidak bisa dihilangkan, tetapi dapat dikurangi frekuensi dan berat serangannya.

Namun, sering kali dalam keseharian allergen sulit dihindari, untuk itu diperlukan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah alergi. Demikian informasi Tentang Alergi Dan Penyebabnya dari Hanya Sekedar Informasi yang merupakan informasi kesehatan untuk anda ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar