Minggu, 03 Maret 2013

Perubahan Nama Bandara Sepinggan

Perubahan Nama Bandara Sepinggan
Perubahan Nama Bandara Sepinggan menjadi Bandara Sri Sultan Adji Moehammad Soelaiman Sepinggan Balikpapan akhirnya disetujui oleh DPRD Kaltim. Berdasarkan Surat Nomor : 160/64/HK/II/2013 tanggal 27 Februari 2013, perihal Dukungan Perubahan Nama Bandara Sepinggan yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Kalimantan Timur, H. M. Mukmin Faisyal. Langkah ini merupakan bentuk penghargaan kepada Sultan  Adji Moehammad Soelaiman atas jasa-jasanya membangun Kota Balikpapan dan beberapa daerah lainnya di Kaltim.

Sultan Adji Moehammad Soelaiman adalah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XVII yang memerintah pada 1850 – 1899. Wilayah adat  Kesultanan Kutai sejak dulu hingga saat ini adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Pada masa kepemimpinan Sultan Adji Moehammad Soelaiman, Balikpapan yang awalnya hanya sebuah desa, berkembang menjadi kota besar. Berkat kerjasama Sultan Adji Moehammad Soelaiman dengan  para pengusaha tambang minyak dari Belanda, Balikpapan dan sekitarnya menjadi lebih maju. Semua suku bangsa bekerja di sini dan karena itulah kemudian dibangun lapangan terbang di Dusun Sepinggan, atau Bandara Sepinggan sekarang.  

Perubahan Nama Bandara Sepinggan menjadi Bandara Sri Sultan Adji Moehammad Soelaiman Sepinggan Balikpapan adalah merupakan usulan yang diajukan oleh Sultan Adji Moehammad Salehoeddin II, melalui surat pada tanggal 24 Oktober 2012 yang ditujukan langsung ke Gubernur Kalimantan Timur. Usulan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Gubernur Kaltim, melalui Surat yang ditujukan kepada DPRD Kaltim pada tanggal 4 Februari 2013, dan akhirnya DPRD Kaltim menyetujui perubahan tersebut.

Demikian informasi dari Hanya Sekedar Informasi tentang Perubahan Nama Bandara Sepinggan untuk anda ketahui bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar