Kamis, 28 Maret 2013

Buah Durian Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah Durian Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Buah Durian Bermanfaat Bagi Kesehatan - Buah Durian merupakan tanaman liar yang berasal dari hutan Sumatra, Kalimantan, dan Malaysia. Nama durian sendiri diambil dari karakter buahnya yang memiliki kulit rapat berduri dengan nama latin Durio zibenthinus Murr, soal rasa tidak ada yang bisa menolak kelezatan buah durian. Begitulah ungkapan yang dilontarkan seorang wisatawan setelah mencicipi buah durian asli Indonesia, walaupun tidak sedikit orang yang menutup hidung dari aroma khas buah durian tersebut, namun tak sedikit pula yang ketagihan setelah mencicipi rasanya. 

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung. Bahkan seorang naturalis bernama Alfred Russel Wallace mengatakan bahwa durian adalah buah yang mirip puding dan diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti es krim rasa keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik. 

Selain mendapat julukan The King of Fruit durian juga mendapatkan julukan sebagai buah bintang lima, karena kandungan gizinya yang lengkap dibanding buah yang lain. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.
 
Buah Durian Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Angka tersebut merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil riset mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian berguna antara lain untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Selain rasa memiliki rasa yang nikmat dan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, buah durian juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah pentingnya, seperti mencegah penuaan dini, mencegah depresi, meningkatkan kemampuan otak, obat tidur alami.  Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengkonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. 

Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan. Lantas bagaimana dengan rumor yang beredar bahwa durian dapat membahayakan kesehatan ? Buah durian dapat mengganggu kesehatan, jika anda makan secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika anda makan bersama dengan minuman mengandung alkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gram saja sekali makan.

Demikian informasi kesehatan dari Hanya Sekedar Informasi tentang Buah Durian Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan untuk anda ketahui bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar